Wajib Coba, Ini 7 Cara Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan!
Seperti yang diungkapkan oleh Jeff Bezos, founder dan CEO Amazon, “A brand for a company is like a reputation for a person. You earn reputation by trying to do hard things well”. yang artinya, brand perusahaan diibaratkan sebagai reputasi dari seseorang, dan reputasi didapatkan setelah melakukan semua hal dengan baik, termasuk hal yang sulit.
Bisa dikatakan, brand adalah reputasi yang menentukan bagaimana pelanggan menilai perusahaan. Karena itulah brand awareness menjadi aspek terpenting dari suksesnya pemasaran. Kuatnya brand awareness ini menjadi kunci perusahaan agar bisa lebih dikenal dan bertahan di tengah persaingan yang ketat. Brand awareness juga akan membantu mencapai target dan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.
7 Cara Meningkatkan Brand Awaraness Perusahaan
Meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek bukan hal yang mudah, namun keberhasilannya akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang. Itulah mengapa, kesadaran merek sangat krusial dalam sebuah bisnis. Tapi bagaimana sih cara meningkatkan brand awareness itu? Simak selengkapnya di pembahasan berikut ini, ya!
1. Memanfaatkan media sosial
Sudah sangat umum jika media sosial digunakan sebagai salah satu strategi digital marketing. Bukan tanpa sebab, pasalnya saat ini sosial media sudah semakin masif digunakan, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, hingga TikTok.
Media sosial merupakan platform multifungsi yang bagus untuk membuat komunikasi dua arah dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Selain mencakup target market perusahaan, media sosial juga memperluas peluang untuk menemukan calon pelanggan potensial.
2. Content marketing
Content marketing merupakan salah satu cara meningkatkan brand awareness yang wajib dilakukan. Banyak manfaat yang diberikan mulai dari meningkatkan pencarian di mesin pencari, memberikan lebih banyak prospek, memperpendek masa konversi penjualan, memberikan edukasi, dan menjadkan brand sebagai pemimpin pasar.
Buat artikel secara teratur, namun harus tetap memerhatikan kualitas konten yang disajikan. Selain itu, konten juga perlu dibuat seorganik mungkin sesuai SEO, agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.
3. Mengadakan pameran atau give away
Pameran merupakan salah satu cara efektif untuk mengenalkan brand pada ratusan target pasar sekaligus. Namun, banyak yang berpikir dua kali untuk mengadakan pameran karena dinilai membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal, jika dipersiapkan dengan matang, pameran bisa menjadi investasi terbaik dan mendatangkan laba yang banyak.
Yang perlu diperhatikan saat mengadakan pameran ialah jangan selalu menunggu “umpan datang”, tapi “jemputlah bola” dan melangkah lebih jauh untuk bisa menarik perhatian pelanggan. Pastikan pelanggan telah menerima pesan yang ingin disampaikan dengan baik.
Mengadakan kompetisi dan giveaway saat pameran adalah poin plus untuk bisa menarik pelanggan. Siapa yang tidak senang mendapatkan hadiah secara gratis? entah itu berupa hadiah unik yang bisa diberikan ke anak-anak, atau makanan dan minuman yang pasti akan diterima dengan sangat baik. Jangan biarkan pelanggan membawa hadiah dengan tas biasa. Berikan goodie bag bergambarkan logo perusahaan Anda, yang sekaligus berfungsi sebagai baliho berjalan.
4. Berkolaborasi dengan bisnis lain
Untuk menambah kekuatan bisnis, Anda bisa berkolaborasi dengan bisnis lain dengan target pelanggan yang sama. Contohnya, jika Anda memiliki toko bunga, maka bisa berkolaborasi dengan toko pengantin setempat. Berikan diskon eksklusif untuk pelanggan toko pengantin tersebut. Cara ini sangat bagus untuk menarik pelanggan baru untuk menjadi pelanggan setia.
5. Menjadi sponsor
Menjadi sponsor suatu acara atau produk merupakan cara lain yang sudah terbukti menjangkau target dan meningkatkan brand awareness. Bagaimana itu bisa terjadi? nah, dengan menjadi sponsor suatu acara dapat memberikan kesempatan untuk perusahaan bisa bertatap muka secara eksklusif dengan para peserta, serta peluang branding secara terbuka.
Namun, pilih dengan bijak acara seperti apa yang bisa disponsori. Acara harus relevan dengan dengan target market dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.
6. Menggunakan merchandise
Memberikan merchandise merupakan cara meningkatkan brand awareness kreatif yang biasa dlakukan oleh perusahaan ternama. Merchandise juga bisa menjadi cara berterima kasih kepada pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan produk atau jasa Anda. Tidak harus mahal, Anda bisa memberikan mug, tumbler, payung, kaos, atau alat tulis.
Merchandise atau suvenir perusahaan seperti itu bisa membuat pengalaman yang berbeda pada pelanggan. Karena berbentuk barang yang bisa dipakai terus menerus membuat brand selalu menempel diingatan, yang mengakibatkan brand awareness juga semakin tinggi.
Semakin kreatif merchandise yang diberikan, maka brand perusahaan akan semakin diingat pula. Tak hanya itu, sesuatu yang unik akan membuat pelanggan menjadi antusias dan senang, dan memposting merchandise itu di media sosial. Karena pengaruh yang diberikan, menjadikan cara meningkatkan brand awareness yang satu ini cukup sering digunakan.
Baca Juga: Perkuat Strategi Branding Usahamu dengan Merchandise!
7.Memanfaatkan video pendek
Popularitas video kian hari kian meningkat. Hal inilah yang menyebabkannya menjadi tren content marketing 2021 yang wajib diperhitungkan. Tidak hanya YouTube, kini media sosial juga banyak menonjolkan fitur video. Mulai dari Instagram Story, IgTV, TikTok, hingga fitur live di Facebook, Instagram, hingga berbagai E-commerce (seperti Shopee dan Tokopedia). Tentu saja hal ini akan membuat pemasaran menjadi lebih mudah dijangkau oleh banyak orang.
Tapi tenang, Anda tidak perlu membuat konsep video yang berbeda untuk setiap platform. Buat satu konsep video dengan durasi terpanjang, kemudian pangkas video sesuai dengan masing-masing platform. Dengan cara ini, perusahaan tidak hanya menarik target market yang sudah ditetapkan, tapi juga menjangkau target market yang baru.
Itulah 7 cara meningkatkan brand awareness perusahaan yang wajib kamu coba! Semakin banyak orang yang mengingat brand Anda, maka dmapak pada konversi penjualan juga semakin tinggi. Tentunya, harus diiringi dengan strategi marketing yang matang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Merchandise untuk Strategi Branding dan Promosi