5 Keuntungan Merchandise untuk Strategi Branding dan Promosi
- Tips & Trik
- 11 Dec, 2020
5 Keuntungan Menggunakan Merchandise untuk Strategi Branding dan Promosi
Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat para pengusaha mencoba beragam cara untuk tetap bertahan dan berkembang pesat. Salah satunya dengan melakukan branding dan promosi dengan matang. Terlebih, metode promosi secara tradisional yang selama ini banyak digunakan sudah tidak lagi relevan. Diperlukan cara yang lebih unik dan kreatif untuk bisa menarik hati pelanggan, salah satunya dengan menggunakan merchandise atau suvenir.
Beberapa fakta pun telah membuktikan bahwa penggunaan produk, merchandise, atau suvenir bisa menghasilkan penjualan yang lebih tinggi serta ROI yang lebih baik. Mengapa hal itu bisa terjadi? apa saja sebenarnya keuntungan dari pemberian merchandise bagi perusahaan? cari tahu selengkapnya pada penjelasan berikut ini, ya!
Manfaat Menggunakan Merchandise untuk Strategi Branding
Erat kaitannya dengan brand awareness, berikut sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan merchandise sebagai strategi branding:
1. Meningkatkan loyalitas pelanggan
Tingginya persaingan antar bisnis membuat pengusaha perlu membedakan merek yang dimiliki dengan merek sejenis, yakni dengan branding. Strategi branding dengan cara membagikan merchandise akan meningkatkan loyalitas pelanggan, menciptakan komunikasi yang baik, serta menimbulkan rasa timbal balik.
Hadiah atau barang yang diterima seseorang akan cenderung menumbuhkan perasaan terikat untuk memberkan timbal balik. Hal itulah yang kemudian bisa meningkatkan peluang untuk lebih memilih merek atau produk dari perusahaan Anda dibandingkan pesaing.
Manfaat yang tidak kalah penting dari pemberian merchandise ialah loyalitas yang akan didapatkan dari pelanggan setia. Sebab, pelanggan akan cenderung mengingat merek yang memiliki keterikatan dengannya. Untuk menghargai pelanggan setia, perusahaan juga bisa memberikan merchandise yang dipersonalisasi sesuai segmen.
2. Membangun kredibilitas
Selain mendapatkan loyalitas pelanggan, memberikan merchandise juga bisa meningkatkan kredibilitas dan membuat posisi merek menjadi di atas. Bahkan bukan tidak mungkin jika brand awareness yang ada akan membuat pelanggan setia membawa pelanggan baru. Bagaimana bisa?
Melalui kepercayaan yang telah dibangun, bukan tidak mungkin jika pelanggan target akan merujukkan merek perusahaan Anda ke orang lain. Melalui pendekatan ini, jumlah pelanggan baru akan meningkat, dan traffic usaha yang Anda bangun pun juga akan semakin besar, Hal tersebut pun nantinya akan berpengaruh pada penjualan dan konversi.
3. Ramah anggaran biaya
Keuntungan lain dari penggunaan merchandise ialah anggaran biaya yang terjangkau. Dibandingkan dengan alat promosi dan branding yang lain, merchandise dinilai lebih hemat dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Tak hanya itu, merchandise juga bisa dilihat atau diteruskan ke pelanggan potensial lainnya.
Secara tidak langsung, merchandise seperti mug, kaos, tumbler bisa menjadi brosur atau reklame yang berjalan. Suvenir perusahaan tersebut pun bisa berfungsi sebagai kartu nama yang akan mengenalkan merek perusahaan pada calon pelanggan. Tak heran jika banyak perusahaan ternama yang menggunakan merchandise sebagai strategi branding.
4. Merek akan selalu dikenal
Tanpa kenal musim, penggunaan merchandise akan selalu membuat merek dikenal oleh umum, sehingga meningkatkan visibiltas perusahaan. Bagaimana cara mewujudkannya? mudah saja, gunakan item atau merchandise yang popular, tak lekang oleh waktu, dan selalu digunakan. Misalnya, tumbler, mug, kaos, tote bag, goodie bag, dan peralatan tulis. Dengan begitu, pelanggan akan selalu mengingat merek setiap kali melihat merchandise tersebut. Strategi branding ini pun akan membuat brand awareness semakin meningkat.
5. Kustom Desain
Ingin membuat pelanggan mengingat brand Anda dengan baik? ingin membuat pelanggan memiliki pandangan yang sama tentang merek Anda? maka memberikan merchandise adalah cara yang tepat.
Perusahaan bisa menyampaikan visi, misi, hingga nilai perusahaan melalui desain custom yang kreatif. Bisa melalui logo, gambar, hingga kata-kata singkat yang mewakili brand. Bisa jadi pelanggan memiliki nilai yang selaras dengan brand. Dengan desain yang menarik pula, pelangganakan terus menggunakan suvenir yang diberikan.
Itulah 5 keuntungan utama yang bisa didapatkan jika menggunakan merchandise sebagai strategi branding. Semuanya merujuk pada peningkatan brand awareness yang sangat penting untuk membuat pelanggan terus melakukan transaksi, mendapatkan pelanggan baru, serta alat ukur kinerja dari sebuah usaha.
Ingin membuat merchandise tapi bingung produk apa yang cocok dan bisa berguna bagi pelanggan? Tenang, Fast Print punya solusinya! Anda bisa mencoba merchandise jenis mug, tumbler, atau kaos dengan desain yang menarik. Selengkapnya baca di sini, yuk => Perkuat Strategi Branding Usahamu dengan Merchandise!