Perkuat Strategi Branding Usahamu dengan Merchandise!
Apakah yang ada di benakmu ketika mendengar kata brand? Sebagian besar mungkin akan terbayang merek, meski tak sedikit juga yang mengartikan brand sebagai tampilan visual dari sebuah perusahaan. Padahal lebih dari sekadar desain visual, brand diartikan sebagai sekumpulan atribut fisik, karakteristik, dan performa dari sebuah produk atau jasa. Hal yang akan berpengaruh pada pengalaman yang dirasakan konsumen saat melihat atau mendengar suatu produk.
Itulah mengapa brand memiliki peran penting untuk membuat sebuah merek bisa dikenal dan menancap kuat di pikiran dan hati konsumen. Dengan begitu, produk dari perusahaanmu akan memiliki ciri khas yang membedakan dengan produk atau jasa serupa yang lain. Sehingga bisa bersaing dengan cara yang unik. Namun, untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan strategi branding yang kuat, salah satunya dengan memberikan merchandise atau suvenir.
Merchandise dan Suvenir: Strategi Perkuat Branding Usaha
Strategi branding menggunakan merchandise sudah menjadi bagian yang selalu melekat dan banyak digunakan oleh perusahaan ternama. Bukan tanpa alasan, sebab konsumen akan lebih mengingat pada merek yang melekat pada barang.
Merchandise sangat cocok digunakan sebagai media promosi yang memungkinkan produsen bisa berkomunikasi dengan konsumen dengan cara yang lebih unik. Cara ini pun bisa meningkatkan brand awareness produk. Dengan tingginya brand awareness, maka kemampuan konsumen untuk mengingat merek juga akan semakni kuat, produk atau jasa pun akan semakin luas dikenal oleh masyarakat. Hal tersebut tentu akan sangat berpengaruh pada keputusan seseorang dalam membeli produk atau menggunakan sebuah jasa.
Contoh merchandise yang bisa digunakan untuk brand awareness:
- Mug
- Botol minum
- Kaos
- Tote bag
- Topi
- Alat tulis
Tips Memilih Merchandise untuk Strategi Branding
1. Pilih suvenir dengan nilai guna tinggi
Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih merchandise untuk strategi branding ialah nilai guna dari barang yang akan diberikan. Karena tujuan dari brand awareness ialah untuk membuat konsumen terus mengingat produk atau jasa dari usahamu. Maka, memilih merchandise atau suvenir yang bermanfaat sangat diperlukan. Misalnya, tote bag, tumbler, atau mug. Selain awet, barang seperti ini juga bisa digunakan untuk segala keperluan. Namun, jangan lupa untuk menggunakan custom desain yang menarik.
2. Produk reusable
Memberikan merchandise yang reusable atau bisa dipakai terus menerus dalam jangka waktu lama sangat mendukung brand awareneness. Semakin lama dan semakin sering merchandise atau suvenir digunakan, maka semakin melekat pula brand usahamu di ingatan konsumen. Contoh merchandise reusable ialah tumblr, tote bag, kaus, payung, dan lainnya.
3. Sesuaikan dengan target konsumen
Poin yang tidak kalah penting untuk membuat brand usaha semakin diingat ialah menyesuaikan dengan target konsumen, sehingga bisa benar-benar bermanfaat. Contohnya, jika target konsumen adalah pekerja kantoran, maka bisa menggunakan mug sebagai merchandise supaya bisa digunakan untuk minum atau membuat teh/kopi di kantor.
Contoh lain, jika target konsumen adalah remaja, maka bisa memberi merchandise tote bag supaya bisa digunakan ke kampus, sekolah, atau sekadar hang out. Misalnya lagi, untuk target konsumen ibu rumah tangga, bisa menggunakan suvenir berupa payung, barang pecah belah, dan lainnya.
4. Sesuaikan dengan anggaran promosi
Selain sebagai strategi branding, tujuan memberi merchandise ialah untuk promosi. Maka dari itu, pastikan untuk menghitung anggaran berdasarkan budget promo perusahaan. Sehingga, tidak menimbulkan keugian dalam usahamu karena budget yang dikeluarkan memang sudah dianggarkan.
5. Merchandise berkualitas
Kualitas merchandise yang kamu berikan akan menggambarkan kualitas dari usahamu juga. Jadi, sebaiknya kualitas dari produk atau suvenir yang akan diberikan memiliki kualitas tinggi. Semakin berkualitas suvenir yang diterima konsumen, maka semakin berkesan dan mudah diingat pula barang tersebut. Dengan begitu, brand awareness juga semakin meningkat.
Berkualitas tidak selalu mahal, banyak jenis merchandise bagus dan terjangkau yang bisa menjadi pilihan. Misalnya kalender meja, alat tulis (block note, bolpoin), gantungan kunci, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan anggaran perusahaan untuk promosi.
Bagaimana? Tertarik menggunakan merchandise untuk memperkuat strategi branding usahamu? Meski terlihat sederhana, suvenir atau merchandise ini punya peran besar untuk branding dan promosi bisnis kamu. Bahkan, merchandise dinilai sebagai bahan promosi dengan nilai dan jangka waktu tak berbatas.
Ingin menyiapkan merchandise spesial untuk pelangganmu tapi takut mahal dan tidak berkesan? Tenang, Fast Print punya solusinya untukmu! Kamu bisa memberikan suvenir mug cantik dan elegan dengan cara yang mudah dan murah, yaitu menggunakan kertas decal!
Baca selengkapnya di sini => Mudah dan Elegan, Ini Cara Membuat Souvenir Sendiri Menggunakan Kertas Decal
Tak hanya itu, kamu juga bisa memberikan kaus custom dengan desain sesuai image perusahaan. Bagaimana caranya? Baca selengkapnya di sini: Langkah Membuat Kaos Custom