Punya Produk Baru? Promosikan dengan 3 Trik Ini!
Apakah kamu baru saja membuka bisnis baru? Atau, beberapa hari ke depan, kamu akan meluncurkannya? Atau, justru sedang merencanakannya?
Seringkali saat punya produk baru, entah itu berupa barang (kue, cemilan, buku, botol, minuman, dll) maupun berupa jasa (barbershop, jasa foto, jasa travel, jasa outbond, dll), akan kesulitan dan kebingungan untuk memperkenalkan produk kepada orang baru/calon pelanggan.
Tenang saja, kamu tidak sendirian. Kita semua pernah merasakan kesulitan di tahap awal tersebut. Biasanya pada awal buka bisnis, fokus utama adalah pada penjualan. Di dalam pikiran kita, pasti yang terpenting, modal bisa segera balik, kemudian ada barang yang terjual setiap hari.
Hey Tidak! Jauhkan pikiran kamu itu. Lupakan sejenak cara bagaimana barang bisa laku cepat. Lalu, fokus utamanya apa jika tidak menjual produk?
Bukan berarti kita mengabaikan penjualan dan tidak ingin mendapat untung. Fokus pertama saat baru membuka bisnis adalah bagaimana produk kamu bisa diketahui dan dikenal banyak orang. Yang terpenting adalah banyak orang yang tahu bahwa kamu punya produk tersebut, lalu datang ke toko kamu.
Lalu, bagaimana cara memperkenalkan produk Anda? Simak trik berikut ini!
1. Buat Akun Instagram Khusus untuk Produk
Selain sebagai jejaring sosial untuk berbagi foto, Instagram sering digunakan untuk memasarkan produk, baik barang maupun jasa. Para pebisnis juga memanfaatkan Instagram dengan maksimal. Data yang dilansir dari hasil survei WeAreSocial dan Hootsuite, menunjukkan bahwa Instagram merupakan platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak ke tujuh di dunia dan terbesar keempat di Indonesia.
Apalagi sekarang para penjual bisa terbantu dengan adanya fitur akun profil bisnis. Profil bisnis bisa menunjukkan target market dan viewer profil dengan tepat. Karena itulah, sayang sekali jika Jejaring sosial yang satu ini tidak dimanfaatkan dengan baik.
Oh ya, jangan lupa gunakan hashtag, lokasi, dan pertimbangkan waktunya saat memposting foto produk. Usahakan di antara pagi, siang, dan sore. Karena di waktu-waktu tersebut, banyak pengguna yang membuka Instagram. Ingat! Instagram adalah lahan basah untuk berjualan. Kamu bisa memulainya dari sana.
2. Buat Promo yang Menarik
Promo bertujuan untuk menarik pembeli dengan potongan harga atau bonus produk. Tentu saja, dengan waktu yang singkat. Bisa dalam hitungan jam, sehari, seminggu, atau satu bulan.
Promo sendiri banyak macamnya. Ada yang karena bertepatan dengan event tertentu (Hari Kemerdekaan, Hari Raya, Tahun Baru, dll). Ada juga dengan memberi harga khusus di bawah harga normal. Biasanya kita menjumpainya pada produk PO (Pre-Order) atau mendapat diskon karena membeli sejumlah barang tertentu.
Namun, tak jarang beberapa promo hasilnya kurang maksimal. Lalu, promo seperti apa yang bisa digunakan?
Salah satu cara ampuhnya adalah mengajak follower akun bisnismu berfoto dengan produk kamu, lalu menandaimu di foto juga di hashtag. Syaratnya, harus bisa menunjukkannya kepadamu. Kemudian, kamu bisa memberikan kupon atau potongan harga untuk pembelian produk. Jangan lupa, tentukan rentang waktunya (bisa satu sampai empat minggu) agar mereka segera membeli produkmu, berfoto, mengunggah, lalu membeli lagi. Mudah, bukan?
3. Berikan Stiker Sebagai Bonus
Beri kepada pembeli dengan gratis. Pasti, mereka akan senang mendapatkannya. Kenapa kok stiker? Ini yang sering diabaikan.
Selain bisa ditempel di mana saja, stiker ini juga cukup sederhana untuk bisa menunjukkan logo dan nama produk kamu. Contohnya, stiker barbershop di samping. Setiap customer mendapat satu stiker setelah pangkas rambut. Nah, kamu pun bisa menerapkan pada produkmu.
Mereka akan menempelkan stiker di tempat-tempat strategis. Misalnya, kaca depan rumah, kaca belakang mobil, laptop, motor, dan lain sebagainya. Secara otomatis, produk ikut dipromosikan oleh pembeli lewat stiker. Teman, rekan kerja, keluarga dari pembeli, bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun akan tahu produk kamu. Dengan begitu, brand awareness pun akan tercipta dengan sendirinya.
Dengan catatan, stiker kamu harus menarik dan produk yang dijual juga berkualitas ya!
Tapi, ingat! Karena kamu tidak tahu dimana stiker itu akan ditempel, gunakan stiker yang berkualitas. Tujuannya agar stiker tidak mudah rusak, tidak mengelupas, dan awet dalam jangka waktu yang lama. Ini demi produkmu agar tetap melekat di ingatan pelanggan kamu, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa mendatangkan pembeli baru.
Nah, bagaimana agar stiker yang digunakan bisa berkualitas? Solusinya dengan menggunakan Stiker Glossy Photo Paper!
STIKER GLOSSY PHOTO PAPER,
SOLUSI STIKER TAHAN LAMA DAN TIDAK MUDAH LEPAS!
Mengapa Menggunakan Stiker Glossy Photo Paper?
- Memiliki daya lekat sangat kuat, menempel dengan baik, dan tidak mudah lepas
- Permukaan mengkilat sehingga hasil cetak lebih mewah dan terang
- Hasil cetak stiker anti luntur dengan menggunakan Tinta Pigment
- Support semua jenis Printer dan Tinta
- Tersedia dalam berbagai pilihan isi kertas
PESAN SEKARANG HANYA DI FAST PRINT!
(HARGA YANG TERTERA ADALAH HARGA PERLEMBAR. MINIM PEMBELIAN 20, MOHON LAKUKAN ATC SESUAI KELIPATAN, misal 20, 40, 60, dst)
Kertas Sticker/ Stiker Glossy adalah salah satu jenis kertas stiker yang permukaan kertas nya dilapisi dengan Coating Glossy sehingga HASIL CETAK STIKER LEBIH TERANG dan MEMILIKI KESAN MEWAH.
Spesifikasi Kertas:
- Support Printer: Semua printer inkjet dan laserjet Epson, Canon, HP dan Brother.
- Support Tinta: Tinta Dye Based, Dye Based Anti UV, Pigment Durabrite dan lainnya.
- Isi Per Pack: 20 / 50 Lembar.
- Gramatur Kertas: 135 Gram.
1 Paket Kertas Sticker/ Stiker Glossy Photo Paper Anda mendapatkan:
- Kertas Stiker Glossy A4 (pilihan paket dan lembar menyesuaikan pesanan).
- Link Video Penggunaan Produk.