Ingin Konversi Penjualan Meningkat? Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat!
Salah satu strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk-produknya pada masyarakat luas adalah dengan menggunakan strategi promosi yang tepat. Melalui strategi promosi yang tepat, maka lambat laun konversi penjualan Anda akan semakin bertambah menjadi lebih banyak daripada sebelumnya. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari strategi pemasaran apa saja sih yang bisa Anda lakukan dan terapkan untuk usaha Anda? Cek disini… :)
1. Penawaran GRATIS atau BONUS
Masyarakat Indonesia dikenal cukup konsumtif dalam hal berbelanja suatu produk. Apalagi jika ditambah dengan promosi yang menarik dari berbagai bidang bisnis. Promosi untuk mendapatkan GRATIS atau BONUS suatu produk tertentu menjadi yang paling difavoritkan. Suatu penawaran yang seperti itu tidak akan dilewatkan begitu saja.
Biasanya suatu perusahaan menawarkan promosi secara cuma-cuma melalui event-event, door to door, atau bahkan secara langsung saat customer datang ke toko. Namun, di era digital seperti saat ini hal ini bisa dikembangkan lebih jauh lagi, seperti dengan memberikan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon customer untuk mengetahui suatu produk.
2. Manfaatkan Sosial Media
Sudah bukan hal yang asing lagi menawarkan produk melalui sosial media. Kini semua pebisnis mulai dari skala kecil, menengah, hingga besar berbondong-bondong memanfaatkan the power of social media untuk memasarkan produknya. Persebaran sosial media terjadi sangat cepat dibandingkan dengan menggunakan media offline. Dengan budget yang murah dan visibilitas produk Anda yang tinggi menjadi pilihan yang sangat penting untuk tidak dilewatkan.
Anda bisa menjangkau bahkan berinteraksi dengan berbagai kalangan. Dengan sosial media, misi Anda untuk menyasar target market menjadi berkali-kali lebih mudah dibandingkan dengan harus turun langsung ke lapangan.
3. Berikan Insentif Khusus Bagi Rekomendasi
Seringkali calon customer lebih mempercayai apa yang dikatakan oleh orang yang telah menggunakan produk yang akan digunakan. Testimoni yang positif dari pelanggan bisa mempengaruhi persepsi pada produk yang akan ia beli. Ketahuilah bahwa strategi marketing yang jitu adalah strategi WOM (Word of Mouth) atau dikenal dengan istilah getok tular. Semakin banyak yang memberikan review positif terhadap produk Anda, maka kemungkinan calon customer untuk memutuskan membeli suatu produk akan lebih besar lagi.
Anda bisa mengadakan program khusus bagi para customer Anda yang berhasil merekomendasikan produk Anda pada calon customer baru yang sampai memutuskan untuk membeli suatu produk. Berilah reward yang menarik bagi customer yang telah melakukan hal ini. Maka, akan memicu customer lainnya untuk mendapatkan reward yang sama.
4. Pilihlah Tempat Strategis
Strategi pemasaran berikutnya yang cukup penting dan tidak boleh Anda kesampingkan adalah pemilihan tempat strategis untuk penjualan produk Anda. Selain online store, Anda juga perlu memperhatikan offline store. Pemilihan tempat penjualan yang strategis akan membuat visibilitas toko menjadi tinggi terhadap masyarakat luas. Melalui visibilitas tinggi inilah maka potensi penjualan tinggi juga bisa terjadi. Kenali potensi target market pada lokasi usaha yang akan Anda tempati. Perhatikan juga kemudahan calon customer untuk menjangkau lokasi usaha Anda.
5. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan
Salah satu aset penting yang dimiliki oleh suatu perusahaan adalah adanya pelanggan yang loyal. Lalu apakah hanya membiarkan saja jika Anda memiliki pelanggan yang loyal? Jika itulah yang Anda pikirkan, maka buanglah jauh-jauh pemikiran seperti itu sekarang juga! Pelanggan yang loyal harus Anda rawat dan jaga. Caranya?
Berilah apresiasi pada mereka yang telah loyal pada perusahaan dengan cara menanggapi aspirasi, masukan, atau memberikan hadiah secara langsung atas pembelian yang telah mereka lakukan. Dengan begitu, pelanggan akan menjadi lebih senang dan merasa diperhatikan. Mereka akan lebih mudah puas pada pelayanan yang sudah Anda berikan karena Anda mampu memberikan excellent service yang belum tentu perusahaan lain bisa memberikannya. Tahukah Anda, bahwa perusahaan-perusahaan maju sudah menerapkan konsep ini untuk merawat pelanggannya yang loyal sehingga pelanggan terus bertahan menggunakan produk-produk yang mereka hasilkan.
6. Menggunakan Media Pemasaran
Berilah apresiasi pada mereka yang telah loyal pada perusahaan dengan cara menanggapi aspirasi, masukan, atau memberikan hadiah secara langsung atas pembelian yang telah mereka lakukan. Dengan begitu, pelanggan akan menjadi lebih senang dan merasa diperhatikan. Mereka akan lebih mudah puas pada pelayanan yang sudah Anda berikan karena Anda mampu memberikan excellent service yang belum tentu perusahaan lain bisa memberikannya. Tahukah Anda, bahwa perusahaan-perusahaan maju sudah menerapkan konsep ini untuk merawat pelanggannya yang loyal sehingga pelanggan terus bertahan menggunakan produk-produk yang mereka hasilkan.
Untuk membuat media promosi yang menarik, Anda juga membutuhkan perlengkapan yang menunjang kualitas media promosi tersebut. Mulai dari Kertas hingga Tinta yang digunakan. Penasaran? Terus baca artikel ini yaa…
Jenis Kertas Terbaik Untuk Membuat Media Promosi Produk Anda!
KERTAS ART PAPER FAST PRINT
- Kertas Art Paper adalah kertas yang memiliki permukaan halus dari kedua sisinya yang biasa digunakan untuk mencetak media advertising.
- Tersedia berbagai pilihan gramatur kertas mulai dari 100 Gram, 120 Gram, 150 Gram, 210 Gram dan 230 Gram.
- Tersedia ukuran A4, A3, dan F4.
- Tersedia berbagai pilihan isi mulai dari 50, 100, 150, 200 lembar.
FORMULA QUICK DRY
Hasil cetak cepat kering dan anti luntur (dengan Tinta Pigment China).