Membangun Kepercayaan Konsumen dengan Expired Date
Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan perlu menerapkan strategi agar dapat bertahan. Salah satunya dengan cara membangun kepercayaan konsumen. Adanya kepercayaan dari konsumen bukan hanya membuat bisnis mampu bertahan dan bersaing, namun juga bisa membuatnya berkembang pesat.
Beberapa faktor yang berpengaruh pada kepercayaan konsumen ialah kualitas produk, desain produk, harga, dan yang tidak kalah penting ialah label kemasan, seperti expired date atau tanggal kedaluwarsa. Tapi apa sih expired date itu? Mengapa itu penting? Produk apa saja yang perlu menggunakan expiration date? Cari tahu selengkapnya di pembahasan berikut ini, ya!
Apa Itu Expired atau Expiration Date?
Mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 180/Men.Kes/Per/IV/1985, tanggal kedaluwarsa atau expired date adalah batas akhir suatu makanan dijamin mutunya sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen. Sederhananya, expiration date menandakan batas tanggal suatu produk boleh dikonsumsi.
Jadi, ketika produk telah melewati batas tanggal kedaluwarsa yang tertera pada label, maka produk tersebut sudah tidak layak dikonsumsi atau digunakan oleh konsumen. Tidak hanya pada makanan, masa kedaluwarsa juga terdapat pada berbagai produk mulai dari kosmetik, obat-obatan, hingga produk groceries.
Umumnya, info expiration date ini tercantum pada bagian belakang label kemasan produk dan ditulis dengan singkatan berupa E, EX, atau EXP.
Mengapa Expired Date Itu Penting Dicantumkan?
Lalu, mengapa sebenarnya tanggal kedaluwarsa itu perlu dicantumkan? Selain untuk membangun kepercayaan konsumen, banyak alasan yang membuat tanggal kedaluwarsa itu sangat krusial. Keberadaannya pada label kemasan berguna bagi semua pihak, baik untuk konsumen, perusahaan, maupun distributor. Berikut alasannya:
1. Memastikan kualitas dan keamanan produk
Salah satu fungsi pokok dari label expired date ialah untuk memastikan kualitas serta keamanan produk. Suatu produk, baik itu berupa bahan pangan, kosmetik, atau obat-obatan akan memiliki batas waktu, kapan produk tersebut aman digunakan. Dengan adanya masa kedaluwarsa, produk yang sampai ke tangan konsumen benar-benar layak pakai atau konsumsi.
Itulah mengapa produsen akan mencatumkan tanggal kedaluwarsa sebagai informasi keamanan produk. Tentunya, hal tersebut juga berada di bawah pengawasan BPOM (Badan Pengawasa Obat dan Makanan) dan mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan.
2. Memastikan keselamatan konsumen
Meskipun tidak semuanya, beberapa produk akan menandakan perubahan setelah lewat dari expired date. Misalnya pada makanan, akan terjadi perubahan konsistensi, warna, rasa, tekstur, hingga aroma yang dalam jangka panjang dapat membahayakan konsumen.
Itulah mengapa, para konsumen perlu untuk melihat atau cek tanggal kedaluwarsa dari setiap produk kemasan yang akan dibeli. Dengan memastikan expired date produk, maka konsumen bisa menilai apakah produk tersebut masih layak dipakai/ dikonsumsi atau tidak. Keselamatan konsumen pun akan tetap terjaga.
3. Membangun citra perusahaan
Selain penting bagi konsumen, expiration date pun bermanfaat untuk perusahaan. Bagi produsen atau perusahaan, informasi tanggal kedaluwarsa merupakan salah satu dari strategi marketing untuk mendapat kepercayaan konsumen. Dengan memberi label informasi secara jelas, perusahaan akan mendapatkan kepercayaan konsumen dan tentu akan berdampak pada penjualan.
Tak hanya itu, dengan adanya label kemasan, pendistribusian produk serta pengembangan kemasan pun juga dinilai semakin baik. Branding melalui cara ini secara tersirat akan membangun citra perusahaan di mata konsumen.
4. Penanganan stok barang
Selain konsumen dan perusahaan, mengetahui masa expire date juga penting bagi Bagi penjual dan distributor. Mengapa? Karena nanti hal tersebut berhubungan dengan penanganan stok barang dagangan. Produk dengan masa simpan yang sudah hampir habis akan disale atau disortir kembali.
Dengan berbagai alasan di atas, expired date sangat penting untuk dicantumkan pada label kemasan. Berbagai produk mulai dari makanan dan minuman, kosmetik, obat-obatan dan suplemen, hingga produk groceries atau kebutuhan rumah tangga pun perlu mencatumkan tanggal kedaluwarsa. Tujuannya tentu untuk membangun kepercayaan konsumen.
Itulah mengapa, label satu ini perlu ditampilkan dengan jelas dan tidak mudah luntur supaya bisa terbaca oleh konsumen. Nah, untuk itu kami punya solusi agar label expired date Anda tidak mudah luntur, yakni menggunakan Tinta Stempel Permanen.
Tinta Stempel Permanen, Solusi untuk Label Expired Date yang Anti Luntur!
Tinta Stempel Permanen Fast Print adalah tinta stempel yang diformulasikan khusus agar anti luntur dan anti pudar. Tinta Stempel Permanen dapat diaplikasikan pada berbagai media seperti, Plastik, Kaca, Label Kemasan Produk, Besi, Akrilik, Papan Tulis, dan lainnya. Selain tanggal kedaluwarsa, Tinta Stempel Permanen Fast Print juga biasa digunakan untuk membuat tanggal produksi, best before, ataupun sebagai QC Check.
Jadi, sudah siapkah Anda membangun kepercayaan konsumen label dengan expired date yang tidak mudah luntur? tunggu apalagi, pesan Tinta Stempel Permanen Fast Print sekarang juga ya!