Mau Sukses Jadi Admin Sosial Media?
Temukan Rahasianya Disini!
Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini telah menumbuhkan banyak hal-hal baru. Mungkin kamu sudah familiar dengan informasi bahwa di era seperti saat ini, banyak sekali lapangan pekerjaan yang harus rela ‘dikorbankan’ sementara itu di tempat lainnya semakin bertumbuh lapangan kerja yang baru. Apakah kamu sempat mengalaminya?
Tentu kamu sudah tak asing lagi dengan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Awalnya sosial media hanya berfungsi sebagai akun pribadi yang bisa kita gunakan untuk saling berbagi informasi baik yang umum hingga saling ‘show up’ kehidupan pribadi masing-masing.
Alih-alih hanya untuk menunjukkan eksistensi diri, sosial media punya peran yang besar loh.. Untuk berbisnis. Para oportunis melihat hal ini sebagai kesempatan emas yang dimanfaatkan untuk menjadikan sosial media sebagai ladang bisnis. Sebab, sosial media sudah memiliki banyak pengguna yang aktif setiap harinya.
Banyaknya bisnis online di berbagai platform sosial media, membuat lapangan kerja yang baru bermunculan, salah satunya adalah Admin Sosial Media. Menjadi seorang sosial media memiliki tantangan tersendiri. Kamu harus pandai mengelola akun sosial media, agar bisa meraup banyak keuntungan dari sana. Ingin tau bagaimana cara sukses menjadi seorang Admin Sosial Media? Terus baca artikel ini dan temukan jawabannya!
1. Kamu Harus Mengenal Profil Perusahaan
Dengan kamu mengetahui seluk-beluk perusahaan, seperti sejarah, visi, misi, hingga ke budaya kerja, kamu akan lebih mudah untuk mengelola akun sosial media dari perusahaan itu. Karena sosial media bisa dibilang sebagai representasi dari perusahaan itu, maka konten yang kamu unggah di sosial media pun tentu tak boleh lepas dari ciri khas perusahaan. Kalau tidak, siap-siap kehilangan jati diri perusahaan? Hiks… :(
2. Dilarang Keras Buta Brand & Produk
Sebagai penggerak bisnis dari suatu perusahaan, tentunya kamu harus memiliki skill product knowledge yang sangat oke, dong. Nggak lucu, kan.. Kalau ada followers yang tanya tentang detail produk tapi, kamu masih linglung kebingungan tidak tahu harus bagaimana menjawabnya :(. Bukan hanya itu, dengan mengetahui brand dan produk dengan baik, maka kamu bisa menentukan strategi yang akan digunakan dengan tepat, sehingga bisa mendongkrak omzet penjualan perusahaan. Kalau sudah begini, siap-siap jadi kesayangan bos yah... :))
3. Sudahkah Kamu Mengetahui Target Market yang Tepat?
Mengetahui target market dengan tepat adalah kunci utama keberhasilan bisnis. Percuma dong, kamu berikan penawaran pada orang yang sama sekali tidak membutuhkan produk yang kamu jual? Prinsipnya, orang-orang akan susah menolak produk yang kamu tawarkan saat mereka benar-benar membutuhkannya. Selain itu, manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan mengetahui target market adalah kamu akan semakin mudah untuk menjalin interaksi dengan audience akun sosmed di berbagai platform. Kalau komunikasi sudah terjalin dengan lancar, so… informasi yang mereka terima lebih mengenai emosinya. Alhasil, kamu akan lebih cepat closing orderan. :)
4. Berikan Sapaan Khusus Bagi Followers Sosial Media
Secara psikologis, seseorang akan semakin mudah menyerap informasi jika informasi tersebut berasal dari orang terdekatnya. Nah.. kamu tahu kan biasanya orang terdekat itu memiliki panggilan khusus untuk memperkuat interaksinya. Hal ini juga bisa kamu terapkan untuk mengelola akun sosial media. Sebutan yang khas untuk para followers kamu di sosmed bisa dijadikan karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain. Yuk… jangan ragu untuk menciptakan sapaan terunik dan sekreatif mungkin. :)
5. Prioritaskan Kepentingan Akun Sosial Media Perusahaan Ya… :)
Salah satu kunci kesuksesan adalah fokus. Begitu pula dengan mengelola akun Sosial Media. Kamu dituntut untuk bisa fokus terhadap kepentingan akun sosial media perusahaan daripada akun sosmed kamu sendiri. Tujuannya, semakin kamu fokus mengelola akun sosmed perusahaan, maka bisa meningkatkan engagement loh… Sudah bukan waktunya lagi, kita tidak produktif dan hanya sibuk bermain-main dengan sosmed pribadi. Mending kelola akun sosmed perusahaan dong, produktif dan menghasilkan. :)