Sebelum Mencetak, Kenali Dulu Arti Psikologi Warna Ini
Tidak hanya digunakan untuk mempercantik desain atau sebagai ornamen seni dalam mencetak. Lebih dari itu, setiap warna memiliki arti, filosofi, dan karakternya masing-masing. Karena itulah, warna menjadi salah satu bagian terpenting dari desain cetak, baik itu dokumen maupun gambar. Selain menampilkan filosofis makna tersirat, warna pun bisa mengandung arti psikologi yang selama ini jarang diketahui.
Siapa sangka, warna dokumen juga bisa memengaruhi cara orang berpikir dan bertindak. Hal ini pun akan memudahkan pembaca dalam mengenali identitas atau karakter dari sebuah perusahaan atau organisasi. Untuk itu, sebelum mencetak pastikan dahulu kamu sudah menggunakan warna yang tepat agar pesan bisa tersampaikan dengan baik. Yuk, kenali lebih dalam menegani arti psikologi warna cetak di pembahasan berikut ini!
1. Warna Merah
Merah merupakan warna dengan karakter yang kuat. Itulah mengapa merah sering digunakan untuk menarik perhatian pembaca dan mendorong untuk mengambil tindakan. Penggunaan warna merah juga cenderung memancarkan kehangatan, cinta, amarah, bahaya, keberanian, kegembiraan, kecepatan, kekuatan, energi, tekad, keinginan, semangat dan keberanian.
Dilansir dari Cartridge World, arti psikologi warna cetak merah cukup memberikan daampak dan membuat orang take action. Penggunaan highlight warna merah pada “Amount Due” mampu mempercepat pembayaran hingga 40%.
2. Warna Oranye
Oranye dibentuk dari gabungan warna kuning dan merah. Psikologi warna cetak ini akan menciptakan warna yang cerah dan hangat. Bagi banyak orang, oranye mewakili api, matahari, kesenangan, kehangatan dan perasaan ceria, biaya terjangkau antusiasme, stimulasi, kreativitas, hingga Halloween. Warna yang unik bukan?
3. Warna Kuning
4. Warna Hijau
Warna hijau kini semakin popular digunakan dalam bisnis karena berkaitan erat dengan lingkungan. Menggunakan warna hijau dalam dokumen cetak juga akan menyampaikan keawetan, kemewahan, optimisme, dapat diandalkan, kesejahteraan, alam, ketenangan, relaksasi, musim semi, keamanan, kejujuran, harmoni dan, tentu saja kesegaran.
5. Warna Biru
Tak kalah dari hijau, warna biru juga banyak digunakan, baik untuk logo, brand, atau dalam dokumen. Psikologi warna biru dinilai mengkomunikasikan perasaan damai, profesionalisme, kesetiaan, kehormatan, kepercayaan, dapat diandalakan. Banyak juga yang beralasan menggunakan warna biru karena kesannya yang dingin, dalam, stabil, dan memiliki profesionalisme yang tinggi.
6. Warna Ungu
7. Warna Pink
Psikologi warna pink cenderung dikaitkan dengan feminitas. Warna ini sangat popular digunakan untuk memunculkan perasaan cinta, kehangatan, dan perhatian.
Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kualitas Hasil Cetak Berwarna
8. Warna Cokelat
9. Warna Putih
10. Warna Abu-abu
11. Warna Hitam
Setiap warna yang muncul dalam dokumen cetak akan menimbulkan reaksi yang berbeda dari oang yang melihatnya. Kaarena itulah penting untuk mengetahui kesebelas arti psikologi warna cetak di atas. Dengan begitu, pesan yang ingin disampaikan bisa sampai dengan tepat. Nah, untuk semua keperluan tinta printer kamu, Fast Print bisa menjadi pilihan terbaik. Temukan tinta berkualitas di sini!