Ramadan sudah di depan mata, meski dalam keadaan pandemi, bulan ini masih ditunggu-tunggu dengan sukacita. Selain momen untuk beribadah, bulan puasa juga menjadi peluang ladang rezeki dengan berbisnis. Tentunya strategi promosi yang dilakukan pun sedikit berbeda dibandingkan bulan yang lain. Terlebih saat ini kebiasaan telah berubah menjadi serba online.
Buat kamu yang punya usaha atau akan menjalankan usaha di bulan Ramadan, perlu cara marketing yang tepat untuk membuat konsumen melirik produk yang kamu jual. Dengan begitu, Ramadan kamu tetap akan kebanjiran orderan. Tapi bagaimana strategi promosi usaha saat bulan puasa? Sebelum itu, kenali pola perubahan Yuk, simak ulasannya berikut ini!
Bukan hanya karena pandemi, sejak dahulu pola perilaku belanja masyarakat memang cenderung berbeda saat Ramadan. Pada komoditi tertentu, kebiasaan belanja orang meningkat hingga dua kali lipat lebih banyak. Misalnya pada pakaian, perlengkapan ibadah, dan makanan.
Mengingat adanya tradisi sahur dan buka puasa bersama, penjualan jajanan kuliner dan takjil pun meningkat pesat. Selain itu, menjelang lebaran membuat masyarakat lebih konsumtif dengan membeli untuk membeli pakaian hingga perlengkapan ibadah. Hal inilah yang membuat para pebisnis perlu mencari cara yang berbeda untuk mempromosikan usahanya agar dapat meningkatkan penjualan.
Buat bisnismu lebih menarik dan dilirik konsumen dengan strategi promosi ramadan ini:
Euforia Ramadan sudah terasa bahkan sebelum puasa dimulai. Itulah mengapa banyak brand terkenal yang memulai kampanye iklan bahkan 1 minggu sebelum ramadan. Mengapa? Sebab, masyarakat cenderung akan menyiapkan segala sesuatunya sebelum masuk ke bulan Ramadan. Mulai dari mencari konten berbau ramadan hingga belanja bahan makanan. Karena itu, start lebih awal untuk promo produkmu akan membuatmu lebih bisa berkreasi tanpa perlu melihat pesaing. Hal ini pun akan meminimalisir pesaing menyiapkan produk serupa.
Untuk menarik pelanggan, elemen pokok yang wajib ada ialah Promosi Ramadan. Promo bisa diberikan dalam bentuk diskon potongan atau item gratis. Sampai sekarang, promo Ramadan masih menjadi hal ampuh yang bisa menarik konsumen.
Hal-hal yang berbau GRATIS, FREE, BUY 1 GET 1 ini biasanya tidak akan ditolak oleh konsumen. Dengan tambahan kalimat “Promo Spesial Ramadan”, konsumen akan lebih berpikir untuk tidak melewatkan kesempatan ini. Agar lebih atraktif dan berkesan, kamu bisa menyiasati dengan membuat konsep promo berbeda setiap dua minggu sekali atau seminggu sekali.
Pernahkah kamu menerapkan paket bundle untuk usahamu? Strategi promosi Ramadan ini banyak diterapkan untuk beberapa produk mulai dari makanan, fashion, dan lainnya. Jangan lupa untuk memberikan bundling spesial Ramadan dan beri tahu manfaat apa yang diperoleh jika membeli paket bundle dan bisa hemat sampai berapa persen.
Di bulan puasa, ada kebiasaan baru, tentunya juga ada perubahan jadwal online masyarakat. Biasanya, waktu paling aktif untuk berselancar ialah saat waktu-waktu sahur hingga subuh atau sore menjelang magrib. Beberapa penelitian juga menunjukkan waktu terbaik untuk membagikan promosi ialah saat waktu sahur dan saat menunggu berbuka.
Namun, jika dirasa kurang punya waktu di jam tersebut, kamu juga bisa menyiapkan konten di waktu yang lain. Kemudian, kamu bisa menjadwalkan konten yang sudah disiapkan untuk publish di waktu paling popular. Dengan begitu, kamu tidak akan kewalahan dan tetap punya jangkauan audience di waktu yang tepat.
Strategi promosi Ramadan satu ini sudah bukan hal yang baru lagi. Sebab, saat memasuki bulan puasa, segala hal yang berhubungan dengan Ramadan juga makin banyak dicari. Kamu pun tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. Buat konsumen penasaran dengan cara membuat konten yang berhubungan dengan Ramadan. Sehingga usahamu juga memiliki impresi yang lebih besar dari pelanggan.
Dengan membuat konten yang berhubungan dengan Ramadan, peluang konten Anda ditemukan oleh calon pelanggan akan lebih besar. Misalnya, kamu punya bisnis fashion. Maka kamu bisa membuat konten kreatif “Mix and Match Pakaian ala Ramadan” yang relevan dengan keadaan saat itu.
Untuk mengetahui apa saja yang sedang tren, kamu bisa melakukan riset sederhana dengan membuka Google Trends, Ubersuggest.com, Keywordtool.io, dan lainnya. Di tools tersebut, kamu punya kesempatan untuk melihat kata kunci mana saja yang punya performa baik di mesin pencarian.
Untuk meningkatkan performa layanan, kamu bisa membuat strategi layanan siap antar. Untuk lebih menarik minat pembeli, berikan promosi ongkos kirim khusus bulan Ramadan. Kamu juga bisa bekerja sama dengan penyedia layanan pesan antar seperti Gojek, Grab, dan lainnya. Tentunya, diskon gratis ongkir juga lebih bisa menarik minat pembeli.
Nah itulah 6 strategi promosi Ramadan yang bisa kamu jalankan untuk meningkatkan penjualan. Jangan lupa pula membuat desain ornamen yang sesuai dengan tema Ramadan, ya!
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA YA!